Halaman

Minggu, 24 Juni 2012

ATASI DEHIDRASI DENGAN MELON ORANYE



Hey guys, musim panas sudah tiba nih. Hore, hore, hore,, :D . bisa kebayang kan gimana serunya kalo musim panas? Bisa kemanapun yang mau kamu datengin and bisa berangkat kapanpun kamu mau tanpa takut kejebak hujan.

Eiitttzzzz…,, tapi ada halangannya juga hlo di musim panas?? Halangan paling umum yang setiap orang pernah dan bisa mengalami saat musim panas adalah Dehidrasi. Nah, Loh. Kalian-kalian yang suka jajan sembarangan pasti kalo uda ngerasain yang namanya dehidrasi langsung nyari minum yang dingin kaya es teh, es susu, es kopi, es teller, es mabuk, es tak sadarkan diri, dan es-es lainnya, pokoknya pake es. (hehehe)

Padahal, kalo ngatasin dehidrasi dengan minum es pasti ceritanya sick-ending alias sakit. Loh, kok bisa?? Ya iyalah, kan nanti kalo kebanyakan minum es jadi pilek, terus keponakannya pilek ngikut, jadi batuk, terus neneknya batuk ngikut juga, jadi pusing, nggak enak badan, dll. Nahhh., Karena itu kita butuh cairan yang tepat untuk mengatasi dehidrasi. Cairan itu bisa kita dapatkan dari buah, salah satunya ada di melon oranye ini, alias Blewah.

Blewah (Cucumis melo L. convar. cantalupensis) adalah tumbuhan penghasil buah yang banyak digunakan sebagai minuman penyegar di Asia Tenggara, selain timun suri dan kolang-kaling. Blewah sejenis dengan melon namun berbeda kelompok budidaya. Ia berbentuk liana, seperti juga labu dan mentimun. Blewah umumnya berbentuk bulat lonjong, dengan kulit berwarna jingga terang dengan bercak kehijauan. Di balik kulit buah yang tipis, terdapat daging buah yang relatif lembut dan bertekstur. Di bagian dalamnya terdapat rongga yang berisi biji dan serat.

Jadi, Blewah merupakan salah satu buah mengatasi dehidrasi yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Buah yang satu ini mengandung kadar air yang cukup untuk mengatasi dehidrasi dan untuk menggantikan cairan tubuh juga untuk menyegarkan tubuh.

Blewah digolongkan sebagai makanan yang menyehatkan untuk jantung dan pembuluh darah, karena kandungan kalium Blewah sangat baik. Satu blewah bisa berbanding 16 kalium dan natrium. Dua zat ini bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah. Tugasnya bisa sebagai terapi darah tinggi, membersihkan karbondioksida dalam darah dan dapat memacu kerja otot dan simpul saraf. Overload kalium juga tidak masalah, karena bisa memperlancar pengiriman oksigen ke otak dan pastinya menyeimbangkan cairan tubuh. Dan kabarnya nih, kalium juga bermanfaat dalam menurunkan resiko serangan stroke.

Dalam blewah terkandung gula dan monosakarida yang tinggi, seperti sukrosa dan fruktosa. Kandungan air yang tinggi bisa mengatasi dehidrasi setelah pulang bekerja ataupun berbuka puasa. Kadar air dalam blewah bagus juga untuk penderita asam urat. Karena unsur airnya bisa memperlancar pengeluaran asam urat dalam tubuh. Selain itu, Blewah kaya akan kandungan mineral kalium dan provitamin A serta serat makanan. Kandungan gizi dalam buah ini bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menyehatkan fungsi ginjal dan limpa, dan menurunkan tekanan darah.

Nah,, kalo gini kan enak, gak bakalan takut lagi ama yg namanya “dehidrasi” dengan cara mengatasi yang tepat. Inget yah guys, jangan lupa isi kulkas kalian, tas kalian, jok kalian dengan blewah, pokoknya blewahnya jangan ampe lupa deh. Nah, kalo dehidrasi kan tinggal ngupas, hahaha. (saran yang paling ngawur) . Ya, intinya jangan lupa sedia blewah untuk musim panas ini, biar gak dehidrasi, Ok. Sekian dulu dari saya, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar