Halaman

Sabtu, 18 Februari 2012

CONTOH RESENSI NOVEL KARYA TERE LIYE "MOGA BUNDA DISAYANG ALLAH"

   
   hay para blogger dan pemburu tugas di internet. (hehe). di posting pertama saya, saya ingin membagikan contoh resensi novel yang saya buat untuk memenuhi tugas b.indo saya semester 1 kemarin. saya sempet bingung gimana cara buat resensi, namun tenang saja. google adalah kiblatnya anak - anak bingung kaya saya. (hehe). tinggal search ajahh. nah sekarang saya mau bantu kalian kalian yang juga mengalami kebingungan seperti saya dulu. dan enaknya lagi, yang saya tulis di blog ini udah memenuhi syarat penulisan resensi yang benar, jadi tinggal co-pas aja beres dah tugas kalian. semoga bermanfaat.


RESENSI NOVEL
“MOGA BUNDA DISAYANG ALLAH”

KESABARAN ADALAH KUNCI MENUJU MUKZIZAT ALLAH



Judul buku                : Moga Bunda Disayang Allah
Resentator               : (nama kamu)
Penulis                     : Tere Liye
Penerbit                   : Republika
Edisi                         : 5
Jumlah Halaman     : 247 halaman








Penulis yang satu ini seakan menyembunyikan atau bisa dikatakan tak ingin memberitahukan tentang kepribadiannya secara jelas, berbeda dengan penulis novel pada umumnya. Terbukti dari semua novel yang telah ia buat, tak ada sekilas biodata penulis di halaman terakhir maupun sampul belakang novel-novelnya. Meski ia tidak memperkenalkan dirinya secara jelas namun karya-karyanya selalu menarik dan terkenal, salah satunya adalah novel berjudul “Moga Bunda Disayang Allah”.

Di dalam novel ini, Tere Liye menceritakan tentang seorang anak bernama Melati yang terlahir dengan rambut ikal yang mengombak, pipi yang tembam, mata hitam legam seperti biji buah leci dan gigi kecil bak gigi kelinci. Dia adalah anak dari orang tua yang terpandang di daerah tersebut. Orang tuanya, Tuan dan Nyonya HK begitu menyayangi putri kecilnya yang amat lucu dan menggemaskan itu.

Namun kebahagiaan mereka tak lama kemudian pupus ketika Melati mengalami kecelakaan yang membuat ia buta dan tuli total sebelum anak itu sempat mengenal benda, mengenal dunia, mengenal kata-kata bahkan mengenal Penciptanya. Doa dan harapan terus dipanjatkan oleh kedua orangtuanya, segala macam pengobatan telah dicoba untuk menolong anak kesayangannya.  Tak hanya itu, pengasuh anak maupun psikolog anak yang digaji untuk mendekati dan berkomunikasi dengan Melati pun sudah banyak yang menyerah dengan Melati. Hingga akhirnya ia dipertemukan oleh Pak Guru Karang.

Karang adalah seorang pemuda biasa yang memiliki jiwa sosial yang luar biasa kepada anak – anak. Dalam cerita ini, sosok Karang mampu ikut merasakan perasaan anak-anak yang berdiri di depannnya. Ia dengan mudah dapat mendekati anak-anak dan juga mudah menarik perhatian anak-anak dengan kepandaiannya dalam bercerita. Karena kecintaannya dengan anak-anak dan juga kepandaiannya dalam hal bercerita, ia telah mendirikan ratusan taman bacaan untuk anak-anak di berbagai kawasan disekitar ibu kota.

Namun kali ini Karang merasa kesulitan dalam menghadapi Melati. Anak kecil yang hanya melihat gelap, hitam kosong tanpa warna.Hanya mendengar senyap sepi, tak ada nada. Tak hanya kekurangan yang di miliki Melati yang membuatnya merasa kesulitan, kesulitan itu semakin terasa karena masa lalu Karang yang begitu menyakitkan. Kecelakaan di laut yang dialaminya beberapa tahun silam menewaskan 18 anak didiknya, termasuk anak didik kesayangannya yang bernama Qintan. Kejadian tersebut membuat batin dan jiwanya sangat terpukul hingga merubah dirinya menjadi pemabuk, keluar di malam hari, mengurung diri di kamar kos milik  Ibu Gendut dari pagi hingga sore hari.

Dengan permohonan Nyonya HK dan bujukan dari Ibu Gendut itu, Karang dapat menghiraukan rasa kesulitan itu menjadi semangat kembali dan berusaha menemukan bagaimana cara Karang agar Melati dapat mengenal segala yang belum ia kenal. Dan dengan kesabaran Karang dalam menghadapi Melati, akhirnya Allah memberikan mukzizat-Nya. Melati dapat mengenal dunianya melalui kedua telapak tangannya dan Karang juga berubah menjadi Karang yang dulu. Karang yang telah mengikhlaskan masa lalunya dan kembali menyayangi anak-anak dan membuka taman bacaannya lagi.

Kelebihan dari novel ini, penulis menggambarkan karakter Melati, Bunda dan Karang dalam peran yang terasa seimbang. sehingga tidak bisa dibedakan mana yang lebih pantas disebut sebagai tokoh utama. Ceritanya begitu menyentuh dan ketiga karakter tersebut memiliki jalan cerita masing-masing namun selalu berkaitan.

Karang yang rapuh karena dihantui oleh masa lalu dan Melati yang tak bisa mengenal dunianya karena kehilangan penglihatan dan pendengarannya diceritakan dengan runtut hingga akhirnya kedua tokoh ini dipertemukan dan menemukan jawaban atas penderitaan yang mereka alami

Kekurangan dalam novel ini terdapat pada gaya bahasa dari novel yang menggunakan bahasa sehari-hari yang tidak baku. Pilihan penulis dalam penempatan setting dan kegiatan pendukung dalam novel terasa kurang tepat. Dalam novel tersebut, semua tokoh digambarkan sebagai orang muslim namun pada akhir cerita menggambarkan suasana pesta kembang api yang dirayakan pada tahun baru Imlek oleh masyarakat termasuk para tokoh novel. Dan juga ada beberapa tokoh yang tidak terlalu jelas namanya seperti Tuan HK, Nyonya HK dan Ibu Gendut.

3 komentar:

  1. siiippp...
    thx ya infony. novel2 Tereliye memng keren dan bikin terharu.

    btw, bgi tips ny donk gimana cra membuat efek salju smpe ke bawah. kmrn q bwt, tapi cuma di ats doank. trims sblmny. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf telat bales.,

      untuk efek salju ini saya coppas html/javascript-nya dari blog "ahmadrifai". anda bisa cari di google.,

      selamat mencoba., :)

      Hapus
  2. keren banget tampilan blog nya..
    waktu saya klik tanda balas muncul animasi bintang bintang. saya hampir terkejut..
    bagaimana bisa kaya gitu.. tolong kasih tips nya sedikit yah :)
    trims

    BalasHapus